3 Komitmen Investasi untuk Gen Z saat Memasuki Adulthood

Ilustrasi Gen Z ketika memasuki Adulthood. (FWD)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 8 Juli 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Meninggalkan usia 18 tahun merupakan momen yang spesial dan mendebarkan bagi para Generasi Z (Gen Z). Bukan hanya bersiap untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi, seperti universitas, tetapi juga untuk terjun ke dalam dunia baru, yaitu masa dewasa.

Beberapa mungkin sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari investasi untuk Gen Z, cara mengelola keuangan, dan sebagainya. Namun masih banyak juga yang belum paham mempersiapkannya.

Sayangnya persiapan menuju dewasa ini tidak ada buku panduannya dan tidak diajarkan secara formal di bangku sekolah.

“Belajar berkomitmen adalah dasar kehidupan yang penting untuk disadari oleh para Gen Z agar mereka bisa menjadi pribadi dewasa yang penuh tanggung jawab dan sehat secara mental bahkan finansial. Salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan yang optimal, sehingga Gen Z dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial di masa muda,"tutur Chief of Human Resources & Marketing Officer PT FWD Insurance Indonesia, Rudy Franto Manik.

"Tidak hanya itu, pentingnya meningkatkan literasi keuangan melalui pemahaman terhadap produk dan layanan keuangan akan mendukung generasi muda untuk mengatur prioritas hidup dengan lebih bijak. Sebagai perusahaan asuransi berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD Insurance ingin senantiasa menjadi sahabat yang informatif dan bermanfaat untuk para generasi muda,” jelasnya.

Dari sekian banyak hal yang bisa mulai dibudayakan, para Gen Z bisa memulai dengan tiga komitmen investasi untuk Gen Z. Ada apa saja?

3 Komitmen Investasi untuk Gen Z saat Memasuki Adulthood:

1. Komitmen investasi pada hubungan sosial

Investasi tidak melulu berhubungan dengan uang atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses adulting.

Mengumpulkan dan menyeleksi lingkaran pertemanan yang sehat serta membawa pengaruh positif di dalam hidup kita adalah langkah awalnya. Sedangkan proses investasinya adalah dengan memupuk hubungan tersebut melalui kegiatan bersosialisasi seperti kumpul makan di luar, berlibur bareng, saling memberi perhatian, dan selalu berpegang pada filosofi: apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai.

2. Komitmen investasi pada aset

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, banyak sekali pilihan berinvestasi yang bisa dengan mudah diakses dari genggaman kita melalui smartphone. Memiliki smartphone, berarti penggunanya pun harus smart dalam memilih dan menentukan investasi yang baik dan menguntungkan untuk masa depan.

Di samping aset cair, yaitu uang tabungan di bank, ada beragam jenis investasi untuk gen Z yang bisa diakses secara digital seperti menanam saham di reksadana atau obligasi negara ORI, membeli properti seperti rumah atau apartemen, atau mungkin mata uang kripto.

Baca Juga: 3 Komitmen Investasi untuk Gen Z saat Memasuki Adulthood
Kenali Asuransi Mobil All Risk Vs TLO, Mau Pilih Mana?

3. Komitmen investasi pada kesehatan

Bersama orang-orang yang tepat, kita bisa saling dukung dan menopang. Selain keluarga di rumah, sebaiknya ada satu atau dua sahabat dekat yang bisa kita jadikan kontak darurat di ponsel kita yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu kita mengalami hal yang tidak mengenakan atau berbahaya.

Namun, tidak semuanya bisa ditanggung oleh sahabat kita atau bahkan tabungan kita sendiri di bank. Taruh semua rasa cemasmu terkait masalah kesehatan kepada layanan asuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah diklaim, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan.

Video Terkait