Nilai Tukar Rupiah Rabu Sore Melemah Jadi Rp14.912 per Dolar AS

Ilustrasi: Lembaran dolar AS dan rupiah Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pri)

Editor: Yoyok - Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Nilai tukar rupiah di pasar spot pada akhir transaksi hari ini, Rabu (3/8) sore, ditutup melemah 23 poin atau 0,15 persen menjadi Rp14.912 per dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan posisi penutupan sehari sebelumnya Rp14.889 per dolar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan penurunan nilai tukar rupiah hari ini disebabkan indeks dolar menguat setelah pernyataan pejabat Federal Reserve AS mengisyaratkan bahwa akan lebih banyak kenaikan suku bunga waktu dekat dan kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan AS-China.

“Dua pejabat Fed menguraikan kemungkinan kenaikan suku bunga yang lebih curam untuk memerangi inflasi yang merajalela. Kedua pejabat itu adalah Presiden Fed San Francisco Mary Daly dan Presiden Fed Chicago Charles Evans,” ujar Ibrahim.

Setelah menaikkan suku empat kali tahun ini, The Fed akan bertemu pada akhir September untuk memutuskan tindakan selanjutnya. Inflasi tahunan AS sebesar 9,1 persen telah mengejutkan dan memberikan tekanan pada bank untuk memperketat kebijakannya.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Rabu Sore Melemah Jadi Rp14.912 per Dolar AS
Pergerakan Rupiah Hari Ini Dipengaruhi Meredanya Kenaikan Bunga Acuan Fed

Data grup CME menunjukkan bahwa mayoritas investor memposisikan bunga acuan Fed akan naik 0,5 persen pada bulan September sehingga menempatkan suku bunga antara 2,75 persen hingga 3 persen.

Menurut Ibrahim saat ini investor menunggu laporan pekerjaan bulanan AS pada Jumat pekan ini. Selain itu, kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan sebagai perjalanan solidaritas Amerika dengan pulau yang diklaim China itu. Namun, China mengutuk kunjungan tingkat tertinggi AS dalam 25 tahun itu sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas.

Video Terkait