Rupiah Ditutup Menguat, Pasar Respons Positif Pengelolaan Cadangan Devisa

Ilustrasi - Pegawai menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta (Antarafoto/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa)

Editor: Yoyok - Senin, 8 Agustus 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan di pasar spot pada Senin (8/8) sore menguat 18 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp14.876 per dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan posisi penutupan akhir pekan lalu Rp14.894 per dolar AS. 

Analis Pasar uang PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan penguatan rupiah terjadi di saat indeks dolar menguat yang didukung oleh imbal hasil treasury yang lebih tinggi setelah data pekerjaan blockbuster AS mengangkat ekspektasi untuk pengetatan kebijakan Federal Reserve yang lebih agresif.

“Penguatan rupiah juga didukung oleh kepercayaan pasar atas pertumbuhan ekonomi di Kuartal Kedua 2022 melampaui ekspektasi yaitu di 5,44 persen. Di samping itu, pasar juga merespons positif kemampuan Bank Indonesia menggunakan cadangan devisa untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah,” katanya.

Baca Juga: Rupiah Ditutup Menguat, Pasar Respons Positif Pengelolaan Cadangan Devisa
Akhir Pekan, Nilai Tukar Rupiah Kemungkinan Menguat

Ibrahim menyebut cadangan devisa Indonesia mengalami penurunan tapi Bank Indonesia melaporkan digunakan untuk mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

“Bank Indonesia juga menyatakan cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ibrahim.

Video Terkait