Hasil Survei BI, Masyarakat Kurang Yakin Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini

Bank Indonesia mengumumkan utang luar negeri Oktober 2020 melambat.

Editor: Yoyok - Senin, 10 Oktober 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menyebutkan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tampak menurun pada September 2022. Ini terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) September 2022 sebesar 108,3 atau lebih rendah dari 111,7 pada Agustus 2022.

Meski lebih rendah dari bulan sebelumnya, tetapi kepercayaan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini masih terjaga di level optimistis, karena indeks masih di atas 100.

“Penurunan keyakinan konsumen akan kondisi saat ini didorong oleh penurunan keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja saat ini, serta pembelian barang tahan lama,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporan Survei Konsumen September 2022, Senin (10/10).

Erwin memerinci, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini tidak setinggi bila dibandingkan 6 buan yang lalu. Terpantau dari Indeks Penghasilan Saat Ini yang sebesar 114,5, atau turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 119,8.

Penurunan terbesar nampak pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 2,1 juta hingga Rp 3 juta per bulan. Sedangkan dari kelompok usia, indeks juga menurun pada seluruh kategori usia responden, terutama pada rentang kelompok usia 31 tahun hingga 40 tahun.

Sejalan dengan penurunan persepsi konsumen terhadap penghasilan, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian barang tahan lama juga terpantau menurun. Ini terlihat dari Indeks Pembelian Barang Tahan Lama yang sebesar 102,5 atau menurun dari 103,1 pada bulan sebelumnya.

Penurunan keyakinan terjadi di hampir seluruh tingkat pengeluaran responden, terdalam pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta per bulan. Sedangkan berdasarkan usia, penurunan keyakinan terjadi pada sebagian kategori usia responden, terutama pada responden rentang usia 41 tahun hingga 50 tahun.

Baca Juga: Hasil Survei BI, Masyarakat Kurang Yakin Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini
Sinyal Resesi, Bank Dunia Pangkas Pertumbuhan Asia Timur dan Pasifik

Lebih lanjut, optimisme responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan juga menurun. Ini terlihat dari indeks yang sebesar 107,9, atau lebih rendah dari 112,2 pada bulan sebelumnya.

Penurunan indeks terjadi pada sebagian besar kategori pendidikan, terutama responden dengan pendidikan sarjana. Bila dari usia, penurunan indeks terjadi pada sebagian kelompok responden, dengan penurunan terbesar pada kelompok usia 31 tahun hingga 40 tahun.