Ajak Pekerja Migran RI Naik Kelas, Bank Mandiri Gaungkan Mandiri Sahabatku

Bank Mandiri gaungkan mandiri Sahabatku. (Dok. Bank Mandiri)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 30 Oktober 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Bank Mandiri melalui program Mandiri Sahabatku terus berkomitmen dalam menyejahterakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui program pemberdayaan dan kewirausahaan yang bertujuan untuk membekali para PMI agar bisa menjadi pengusaha di negeri sendiri. Program Mandiri Sahabatku sendiri telah diikuti sekitar 15.000 PMI dari berbagai negara sejak pertama kali diadakan pada tahun 2011.
 
Direktur Jaringan dan Retail Banking Aquarius Rudianto mengungkapkan, rangkaian pelaksanaan Mandiri Sahabatku 2022 kali ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya dimana tidak hanya PMI yang berada di luar negeri saja yang akan dibekali ilmu kewirausahaan. Kali ini, keluarga PMI yang ada di Indonesia pun juga akan mendapatkan pelatihan agar mimpi memiliki usaha di negeri sendiri dapat lebih mudah dieksekusi.
 
”Selain itu, sebagai bentuk pengembangan program Mandiri Sahabatku, Bank Mandiri pun akan memberikan pelatihan dan mentoring melalui program Bapak Asuh bekerjasama dengan Mandiri Amal Insani (MAI) dan para alumni program-program kewirausahaan lainnya seperti Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan Rumah BUMN”, ujarnya Minggu, (30/10).
 
Selain diikuti sekitar 200 perwakilan PMI dari Malaysia, Hongkong, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, seremoni pembukaan program Mandiri Sahabatku kali ini juga dihadiri secara online oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerjaan Arab Saudi Dr. Abdul Aziz Ahmad, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Dubai Kartika Candra Negara, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong Ricky Suhendar,  Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan, SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha, serta Komedian Cak Lontong yang berbagi motivasi dan filosofi hidup dengan para PMI.


 
Sementara itu Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan berharap pengembangan program Mandiri Sahabatku dapat menjaring lebih banyak PMI untuk berani berkarya dan mandiri di negeri sendiri, menyejahterakan keluarganya dan menyejahterakan masyarakat sekitarnya dengan membantu menciptakan lapangan pekerjaan sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara.
 
“Bukan hanya mempersiapkan PMI untuk bisa dan berani menjadi pengusaha di negeri sendiri, sebagai institusi keuangan, Bank Mandiri juga dapat menjadi partner finansial terpercaya yang menyediakan berbagai kemudahan bagi PMI diantaranya kemudahan untuk memiliki rekening,  kemudahan akses terhadap berbagai layanan keuangan melalui aplikasi Livin’ by mandiri yang sebentar lagi akan bisa diakses dengan menggunakan nomor luar negeri, kemudahan layanan kirim uang dan transaksi lainnya melalui Kantor Cabang atau anak perusahaan Bank Mandiri di Hongkong, Malaysia dan Timor Leste," terang Panji.