Rupiah Akhir Pekan Ini Diperkirakan Masih Akan Melemah

Ilustrasi rupiah di antara dolar AS (Istimewa)

Editor: Yoyok - Jumat, 17 Juni 2022 | 09:30 WIB

Sariagri - Nilai tukar rupiah atau kurs di pasar spot pada Jumat (17/6) pagi ditransaksikan melemah 67 poin atau 0,46 persen menjadi Rp14.835 per dolar AS dibandingkan posisi penutupan sehari sebelumnya Rp14.767 per dolar AS.

Pengamat pasar uang, Ariston Tjendra, menyatakan nilai tukar rupiah hari ini kelihatannya masih akan melemah terhadap dolar AS. “Selain karena kebijakan pengetatan moneter the Fed, juga karena berkembangnya sentimen resesi,” ujarnya.

Ariston mengungkapkan, setelah bank sentral AS, kemarin bank sentral Inggris dan Swiss juga menaikan suku bunga acuan serta kemungkinan bank-bank sentral dunia lain akan mengikuti. 

Baca Juga: Rupiah Akhir Pekan Ini Diperkirakan Masih Akan Melemah
Tak Ada Sentimen Positif, Rupiah Kian Terpuruk Jadi Rp14.745 per Dolar AS

“Sebagian pelaku pasar menganggap bahwa kenaikan suku bunga acuan untuk memerangi inflasi ini akan menekan laju pertumbuhan ekonomi dan berpotensi menuju resesi,” jelasnya.

Menurutnya, sentimen kebijakan sejumlah bank sentral global  menjadi negatif untuk aset berisiko termasuk rupiah. “Nilai tukar rupiah hari ini berpotensi melemah ke kisaran Rp14.780-Rp14.800 per dolar AS dengan support di kisaran Rp14.720 per dolar AS,” pungkasnya.

Video Terkait