Siap-siap, Nilai Tukar Rupiah Bisa Tembus Rp15.000 per Dolar AS

Ilustrasi - Pegawai menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta (Antarafoto/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa)

Editor: Yoyok - Jumat, 1 Juli 2022 | 16:55 WIB

Sariagri - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kian melemah. Bahkan, pada penutupan transaksi akhir pekan ini di pasar spot, Jumat (1/7) sore, mendekati Rp15 ribu per dolar AS atau tepatnya anjlok 39 poin atau 0,26 persen menjadi Rp14.942 per dolar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan nilai tukar rupiah masih akan terus melemah karena terseret sentimen global, terutama isu resesi di sejumlah negara. “Rupiah kian tertekan lagi dengan rencana the Fed menaikkan kembali bunga acuan guna meredam inflasi,” ujarnya.

Baca Juga: Siap-siap, Nilai Tukar Rupiah Bisa Tembus Rp15.000 per Dolar AS
Rupiah Rabu Sore Anjlok Jadi Rp14.852 per Dolar AS

Ibrahim menyebut indeks dolar AS kembali menguat terhadap mata uang utama pada Jumat ini. “Indeks dolar encatat pekan terbaik dalam empat minggu dan investor mempertimbangkan dorongan dari kebijakan pengetatan Federal Reserve serta risiko resesi AS,” katanya.

Untuk minggu ini, indeks dolar telah naik 0,7 persen akibat potensi perlambatan global memperkuat daya tarik greenback karena status safe haven. Pasar akan mengamati potensi pelemahan data manufaktur Institute of Supply Management Amerika yang akan dirilis hari ini.

Video Terkait